• VIGARA PUSTAKA
    SMAN 1 PRAMBANAN
  • Jam Kunjung : Senin-Kamis : 07.00-17.00, Jumat : 07.00-15.00

ACARA BEDAH BUKU DAN PELUNCURAN BUKU, POJOK BACA BALAI ARKEOLOGI DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN

Kamis, 17 Oktober 2019 suasana di SMA Negeri 1 Prambanan berbeda dari hari biasanya. Utamanya di panggung kreasi “ANGGREK” yang berdiri dengan indahnya di atas Sungai Mekong yang mengalir jernih di tengah area sekolah. Pagi menjadi lebih semarak karena siswa yang tergabung dalam Relawan Literasi, Jurnalistik, dan Karya Tulis Ilmiah dibersamai Bapak, Ibu guru, karyawan menyiapkan tempat untuk ajang Bedah Buku dan Peluncuran Pojok Baca dari Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta.  Tercermin sikap kegotongroyongan dan kebersamaan yang sangat indah dari persiapan kegiatan ini. Seakan tak ada jarak antara guru, karyawan, dan siswa, semua menjalankan tugas masing-masing dengan baik dan gembira demi suksesnya acara yang baru pertama kalinya akan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Prambanan.

            Jarum jam telah menunjuk angka 08.15 tamu-tamu undangan mulai berdatangan. Bahkan Bapak Priya Santosa, Kepala Balai Dikmen Kabupaten Sleman sangat tepat waktu hadir sesuai jam undangan 07.30. Dalam acara ini hadir Ibu Rini, Kapolsek Prambanan, Bapak Rasyid, Camat Prambanan, Bapak Hermawan Nusanto, Manajerial SMA Negeri 1 Prambanan, dari Koramil Prambanan, beberapa Kepala Sekolah SMA & SMK Kabupaten Sleman atau yang mewakili, Kepala TK, SD, dan SMP Prambanan dan yang paling kompak adalah TIM Balai Arkeologi DIY yang dipimpin oleh Bapak Sugeng Riyanto, benar-benar menyemarakkan acara Bedah Buku “Nyanyi Sunyi Pada Tepi” Karya Mamik Kusmarmi, salah satu Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Prambanan. 

            Dalam acara Bedah Buku dan Peluncuran Pojok Baca Balai Arkeologi Bapak Darwito, S.Pd. selaku kepala sekolah menyampaikan ucapan terima kasih kepada tetamu yang hadir serta menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu daya dukung keberadaan Vigara Pustaka khususnya dan peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Prambanan umumnya. Lebih lanjut kepala sekolah menaruh harapan yang besar dengan adanya kerja sama dengan berbagai instansi seperti Balai Arkeologi, RSUD Prambanan, Balai Bahasa, Klinik dr. Omar, TK Pembina, SD Negeri 1 Prambanan, SMP Negeri 1 Prambanan, dan instansi lainnya serta masyarakat setempat, akan menjadi pematik kegiatan literasi di SMA Negeri 1 Prambanan dan dapat menjadi “kompor” sekolah lain. Dan langkah yang diambil oleh SMA Negeri 1 Prambanan dapat menjadi percontohan menggeliatnya budaya literasi di sekolah dan masyarakat.

Selain itu, Kepala Balai Dikmen Kabupaten Sleman, Bapak Drs. Priya Santosa, M.Hum. mengharapkan bahwa kegiatan semacam ini menjadi cikal-bakal berkembangnya Gerakan Literasi Sekolah tidak hanya berhenti pada siswanya, tetapi guru juga melakukan literasi. Karena dengan berliterasi kualitas pendidikan akan meningkat. Jika guru dapat konsisten menemani siswa berliterasi 15 menit sebelum proses pembelajaran dan melakukan literasi, maka sinergi akan didapatkan. Pada muaranya Gerakan Literasi Sekolah menjadi sebuah kebutuhan pokok yang akan berimbas pada lahirnya generasi yang melek informasi dan paham ilmu pengetahuan.

Tak kalah pentingnya adalah pesan yang disampaikan oleh Bapak Rasyid, Camat Prambanan. Beliau menyatakan bahwa adanya kegiatan Bedah Buku dan Pojok Literasi dapat menjadi agenda penting untuk kemajuan bangsa. Lebih lanjut, Bapak Camat juga berharap kepada para tamu yang hadir dapat mencontoh penulis Antologi Puisi ini dalam memantaatkan waktu di sela-sela kesibukan tugas wajibnya untuk menulis sehingga hidup menjadi lebih sehat dan terhindar dari kepikunan. Sedangkan harapan Beliau dengan adanya pojok literasi ini dapat dimanfaatkan oleh semua warga sekolah untuk menambah ilmu pengetahuan di waktu luang. Bahkan Bapak Camat berkehendak ada pojok literasi di kantor kecamatan, sehingga para pengunjung kecamatan sembari mengantre dapat membaca, sehingga pengurangan dan ketergantungan dengan Handphone dapat terkurangi.

Yang tak kalah menarik dari acara Bedah Buku adalah ulasan dari Ibu DR. Ellse Liliani, M. Hum. Bahwa puisi-puisi yang ditulis oleh Mamik Kusmarmi ini sebagaian besar adalah puisi-puisi tentang kekuatan cinta yang beraneka rupa, ada kisah pencarian cinta kepada Tuhan, ungkapan cinta kepada lawan jenis, maupun cinta kepada lingkungan semesta. Selain itu juga puisi-puisi yang bernafas religi, juga tentang kejatian wanita yang begitu nyata diungkap dalam beberapa judul. Pada akhir sesi Bedah Buku DR. Ellse Liliani, M.Hum memberikan saran agar penulis lebih kreatif bermain kata, dan bebas mengekspresikan cinta tidak hanya pada kejatian diri penulis. Namun, rasa cinta ini lebih dieksplore ke hal-hal yang sifatnya lebih universal dan merambah kepada kepedulian terhadap sesama lingkungan, maupun Negara.

            Sedangkan Ibu Kusmarwanti, M.Hum.,M.A. pada sesi materi tentang literasi menyampaikan bahwa program Gerakan Literasi Sekolah itu bukan hanya sebagai wacana tetapi harus diuri-uri, ditumbuhkan sehingga memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Karena dengan membiasakan budaya membaca maka akan tumbuh budaya menulis yang lebih besar. Untuk kegiatan literasi di sekolah seharusnya tidak hanya ditujukan  pada siswa dan guru, tetapi semua warga sekolah. Sehingga akan tercipta ekosistem sekolah yang menghargai informasi. Agar kegiatan membaca dapat memberikan manfaat maka kegiatan ini kemudian harus diikat dengan cara menulis.

            Acara yang tak kalah pentingnya adalah penandatanganan kerja sama antara Balai Arkeologi dengan SMA Negeri 1 Prambanan. Bentuk kerja sama yang saling menguntungkan. Balai Arkeologi dapat menyebarkan virus-virus baru berupa penemuan-penemuan situs dan benda purbakala kepada warga SMA Negeri 1 Prambanan secara berkala. Sedangkan SMA Negeri 1 Prambanan selalu mendapatkan informasi-informasi baru tentang ilmu arkeologi sehingga pengetahuan selalu terbarukan.

Setelah usai penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta, Drs. Sugeng Riyanto, M.Hum mensosialisasikan bahwa secara umum, arkeologi diartikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari kehidupan manusia masa lalu melalui benda-benda dan sisa-sisa aktivitas yang ditinggalkan. Dengan adanya penemuan-penemuan situs dan benda-benda purbakala dapat menjadi sumber belajar bagi para pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat. Adapun strategi pemasyarakatan hasil penelitian arkeologi dengan fokus dunia pendidikan untuk menumbuhkan  jiwa ekonomi kreatif bagi para pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat. Pada akhir sosialisasinya Bapak Sugeng membagikan cendera mata bagi siswa SMA Negeri 1 Prambanan dan tetamu undangan yang hadir. Usai acara ceremonial, tetamu diperkenankan transit di Vigara Pustaka untuk menikmati makan siang sekaligus menuliskan testimoninya tentang Vigara Pustaka.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MENYONGSONG BULAN BAHASA 2019 VIGARA SELENGGARAKAN BERBAGAI LOMBA

                Sebagai warga Negara yang baik, tentu selalu ingat peristiwa di balik tanggal 28 Oktober 1928. Dan mengapa setiap tanggal 28 Okto

23/10/2019 11:46 WIB - Administrator
KETENTUAN LOMBA BULAN BAHASA VIGARA PUSTAKA SMAN 1 PRAMBANAN

Ketentuan lomba dapat diunduh di : https://drive.google.com/file/d/102ZmmsFHFAcy-z-xdE4FTwmZeZO47zi_/view

14/10/2019 14:27 WIB - Administrator
Layanan Vigara Pustaka ke Masyarakat Sekitar dalam Rangka Kegiatan Literasi SMA Negeri 1 Prambanan

Kamis Pahing, 19 September 2019 Perpustakaan SMA Negeri 1 Prambanan me-launching salah satu program dari Vigara Pustaka yaitu layanan literasi kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan

19/09/2019 10:47 WIB - Administrator
PENINGKATAN KUALITAS VIGARA PUSTAKA

Dalam rangka menyongsong  akreditasi perpustakaan SMA Negeri 1 Prambanan berbenah diri dari sistem manual ke otomasi. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain: mendata ulang asse

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
KUNJUNGAN ANAK-ANAK TK PEMBINA KE PERPUSTAKAAN VIGARA

Suasana  pagi yang cerah, secerah wajah-wajah polos anak-anak TK Pembina yang mengunjungi SMA Negeri 1 Prambanan. Celoteh riang dan senyum yang selalu mengembang cerminkan kejernih

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator